Satika Simamora Kick Off Liga Sepakbola Kampung Sukarno Cup U-17 Regional Sumatera

Liga Sepakbola Kampung Sukarno Cup U-17 Regional Sumatera mulai berlangsung, Selasa (17/10/2023), di Lapangan Serbaguna Tarutung.

topmetro.news – Liga Sepakbola Kampung Sukarno Cup U-17 Regional Sumatera mulai berlangsung, Selasa (17/10/2023), di Lapangan Serbaguna Tarutung.

Ketua DPC PDI Perjuangan Taput Nikson Nababan melalui Sekretaris Sabungan Parapat membuka secara resm liga tersebut. Sabungan menyebutkan, DPP PDI Perjuangan telah menghunjuk DPC PDIP Tapanuli Utara sebagai tuan rumah penyelenggara.

Ketua Dekranasda Taput Satika Simamora memberikan arahan kepada kedua tim untuk menjunjung tinggi sportivitas, kebersamaan, dan persaudaraan.
Kemudian ia turun ke lapangan untuk melakukan ‘kick off’ pertandingan antara Kesebelasan Taput melawan Dharmasraya Sumbar.

Pada pembukaan itu juga hadir Sekda Taput Indra Simaremare mewakili Bupati, Ketua DPRD, Kejari Negeri Taput, Dandim 0210 TU, Karutan Tarutung, OPD Taput, perwakilan peserta dari Medan, Kabupaten Batubara, Serdang Bedagai, Dharmasraya Sumatera Barat, serta jajaran pengurus DPC PDI Perjuangan Taput.

Kepada seluruh kontingen, Indra Simaremare dalam arahannya menyampaikan selamat datang di Kabupaten Tapanuli Utara. “Dan selamat bertanding sesuai aturan dan janji atlet,” katanya.

Dihunjuk DPP

Nikson Nababan melalui Sabungan Parapat dalam sambutannya meyakini, bahwa liga gagasan DPP PDI Perjuangan ini akan menjadi alat konsolidasi ‘grassroad’ secara ‘soft champaign’. Babak regional dan nasional bertujuan untuk mencari ‘spotlight’ dan membangun narasi politik kebangsaan PDI Perjuangan lewat sepakbola.

“Sebuah kehormatan bagi Kabupaten Tapanuli Utara ditunjuk oleh DPP PDI Perjuangan sebagai tuan rumah. Dengan kader DPC dan pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tapanuli Utara sebagai panitia pelaksana. Kegiatan ini diharapkan semakin membumikan pemikiran geopolitik Proklamator Bung Karno mulai dari kampung hingga perkotaan. Dan secara khusus bagi kaum milenial melalui kompetisi sepakbola,” ujar Sabungan.

Politik Kebangsaan

Sabungan juga menyampaikan Liga Sepakbola Kampung U-17 Soekarno Cup ini merupakah salah satu wujud politik kebangsaan dan kerakyatan PDI Perjuangan, dengan mendukung talenta-talenta lokal sepakbola.

“Melalui Liga Sepakbola Kampung U-17 ini, para pemain lokal yang biasa bermain di kompetisi antarkampung akan bisa mewujudkan mimpinya untuk bermain sepakbola di stadion kebanggan kita yaitu Stadion Gelora Bung Karno, tentunya bagi tim yang masuk ke babak delapan besar. Dan harapan kita Tim Banteng Taput menjadi salah satu tim yang bertanding pada babak delapan besar. Di Gelora Bung Karno,” kata caleg DPRD Taput Dapil Sipoholon, Pagaran, dan Parmonangan ini.

Lima Tim

Sebelumnya, Ketua Panitia Rudi Zainal Sihombing melaporkan, Liga Sepakbola Kampung U-17 Soekarno Cup Regional Sumatra diikuti oleh lima tim. Antara lain dari Sumut ada Tapanuli Utara, Medan, Batubara, Serdang Bedagai. Serta Tim Dharmasraya dari Sumatra Barat.

Liga berlangsung dengan sistim setengah kompetisi. Di mana masing-masing tim akan bertanding satu sama lainnya mulai 17 sampai 20 Oktober di Stadion Mini Sepakbola. Tarutung.

Dari lima tim tersebut, dua terbaik pemilik poin tertinggi akan mengikuti babak 8 besar. Mereka gabung bersama tiga tim dari Regional Jawa, dan masing-masing satu dari Regional Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Delapan besar berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno.

Sementara pada pertandingan perdana, Kesebelasan Taput unggul melawan Dharmasraya Sumatera Barat dengan skor 2-0. Ada pun pertandingan kedua, Kesebelasan Medan harus mengakui keunggulan Batubara.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment